PT. Indana Paint

Menciptakan Kesegaran Alami...

Decofresh satu satunya Cat Tembok yang mempunyai teknologi Anti Spatter / Anti Noda Percik saat cat tembok diaplikasikan dan meminimalkan noda ciprat, sehingga anda tidak kuatir barang-barang disekitar anda menjadi kotor.

You are here: Home Artikel Lain-lain Jenis Cat Kayu Mana yang Digunakan
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
  • default color
  • green color
  • blue color
Jenis Cat Kayu Mana yang Digunakan PDF Print E-mail
Monday, 14 September 2009 13:06

Kayu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah bangunan/properti. Walaupun pada saat ini kayu tak lagi dominan, banyak masyarakat yang menggantinya dengan berbagai bahan alternatif, bisa dari logam alumunium atau cor semen untuk kusen-kusen pintu. Sedang untuk kusen-kusen jendela banyak digantikan logam alumunium, bahkan rangka -rangka atap sudah banyak tergeser oleh logam-logam alloy.

Namun demikian kayu masih menjadi pilihan masyarakat karena mempunyai nilai plus yaitu keindahan atau seni dari sebuah bangunan. Pengetengahan kali ini bagaimana kita menanganinya agar nilai plus yang dimiliki oleh kayu dapat muncul kepermukaan.

Ada berbagai alternatif dalam penanganannya, dengan mengecat kayu adalah cara yang cepat danĀ  sederhana. Mengapa demikian? karena selain murah, cat dapat dicari sewaktu-waktu/mudah didapat.

Dalam pengecatan kayu dikenal ada 2 alternatif pilihan yaitu
  • tertutup keseluruhan oleh cat (dikenal dengan cat solid)
  • dibiarkan serat kayu terlihat jelas (cat transparan).
Untuk Alternatif I, pengecatan dapat kita lakukan dengan Nitrolux dimana sebelumnya Kayu kita gosok halus, bersihkan dari sisa-sisa debu amplas, dilanjutkan pemberian cat dasar berupa meni kayu yang bertujuan mengantisipasi adanya binatang kecil yang mengganggu(rayap). Setelah kering dilanjutkan pengecatan dengan Nitrolux. Hasilnya dapat kita peroleh berupa permukaan yang halus dan mengkilap serta warna menawan sesuai dengan selera kita. Alternatif di atas banyak kita kenal dengan pengecatan solid.

Sedang alternatif pengecatan yang lain berupa pengecatan dengan permukaan kayu serta serat-seratnya masih terlihat jelas, berwarna sesuai keinginan kita sendiri. Ada 2 pilihan untuk jenis ini, menggunakan POLIVER atau TECWO.
Jika pilihan kita jatuh pada POLIVER maka kita sendiri akan mendapatkan permukaan yang mengkilap, berwarna, pengencerannya pun lebih sederhana yaitu memakai thiner B.
Alternatif lainnya dapat kita lakukan pengecatan dengan TECWO, lebih praktis tanpa pengenceran hasilnyapun lebih memukau, mengkilap, tahan terhadap benda-benda hangat sampai panas ringan, menghasilkan permukaan tipis, halus serta berwarna.
Dengan demikian kita tetap dapat memanfaatkan kayu dengan baik sebagai salah satu kombinasi yang banyak digunakan untuk bangunan/properti lainnya.